JADIKAN HIDUPMU PENUH WARNA

Logo google peringati ultah Robert Norton Noyce ke 84


Robert Norton Noyce (12 Desember 1927 - 3 Juni 1990), dijuluki "the Mayor of Silicon Valley", mendirikan Fairchild Semiconductor pada tahun 1957 dan Intel pada tahun 1968. Dia juga dikreditkan (bersama dengan Jack Kilby) dengan penemuan dari rangkaian terpadu atau microchip yang memicu revolusi komputer pribadi dan memberikan Silicon Valley namaNoyce juga mentor dan figur ayah ke seluruh generasi pengusaha.
Ia lahir pada tanggal 12 Desember 1927, di Burlington, Iowa.  Dia adalah anak ketiga dari empat anak laki-laki dari Rev Ralph Brewster Noyce Ayahnya adalah lulusan 1915 dari Doane College, lulusan 1920 dari Oberlin College, dan lulusan 1923 dari Chicago Theological Seminary. Dia adalah seorang pendeta Kongregasional dan pengawas asosiasi dari Konferensi Gereja-gereja Kongregasional Iowa pada 1930-an dan 1940-an. Ibunya, Harriet May Norton, lulusan 1921 dari Oberlin College, adalah putri dari Rev Milton J. Norton, seorang pendeta Kongregasional, dan Louise Hill. Dia telah digambarkan sebagai seorang wanita cerdas dengan akan memerintah
Memori masa kanak-kanak-Nya melibatkan pemukulan ayahnya pada ping pong dan merasa benar-benar hancur ketika reaksi ibunya untuk berita mendebarkan adalah terganggu "Bukankah itu bagus Ayah untuk membiarkan Anda menang?" Bahkan pada usia lima tahun, Noyce tersinggung oleh gagasan sengaja kehilangan apa pun. "Itu bukan permainan," merajuk ia kepada ibunya. "Jika Anda akan bermain, bermain untuk menang!"
Pada musim panas 1940, ketika ia berumur 12, ia membangun sebuah pesawat berukuran mini dengan saudaranya, yang mereka gunakan untuk terbang dari atap kandang Sekolah Grinnell. Kemudian ia membangun sebuah radio dari awal dan kereta luncur bermotor nya dengan pengelasan baling-baling dan mesin dari mesin cuci bekas
Pendidikan
Dia dibesarkan di Grinnell, Iowa dan menghadiri sekolah-sekolah lokal. Dia dipamerkan bakat untuk matematika dan ilmu pengetahuan sementara di sekolah tinggi dan mengambil kursus Grinnell College mahasiswa fisika di tahun senior. Dia lulus dari Sekolah Tinggi Grinnell pada tahun 1945 dan masuk Grinnell College pada musim gugur tahun itu. Dia lulus Phi Beta Kappa dengan gelar BA dalam fisika dan matematika dari Grinnell College di 1949. Dia juga menerima kehormatan sinyal dari teman-teman sekelasnya: Brown Derby Hadiah, yang mengakui "orang senior yang meraih nilai terbaik dengan sedikitnya jumlah pekerjaan". Dia menerima gelar Ph.D. dalam fisika dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1953. Ia belajar transistor pertama, dikembangkan di Bell Laboratories, di ruang kelas Sekolah Grinnell.

Sementara, sarjana Noyce menghadiri kursus fisika profesor Hibah Gale dan terpesona dengan fisika. Gale berhasil meraih dua dari transistor pertama yang pernah keluar dari Bell Labs dan menunjukkan mereka ke kelasnya dan Noyce terpikat.Hibah Gale menyarankan untuk mengikuti program mengikuti doktor dalam fisika di MIT yang ia lakukan.
Karir
Setelah lulus dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1953, dia mengambil pekerjaan pertamanya sebagai seorang engineer penelitian di Philco Corporation di Philadelphia, Pennsylvania. Dia meninggalkan pada tahun 1956 untuk Shockley Semiconductor Laboratory di Mountain View, California.
Dia bergabung dengan William Shockley di Shockley Semiconductor Laboratory, sebuah divisi dari Beckman Instruments, tetapi meninggalkan dengan "Delapan pengkhianat"pada tahun 1957, setelah mengalami masalah sehubungan dengan kualitas manajemen, dan co-mendirikan berpengaruh Fairchild Semiconductor korporasi. Menurut Sherman Fairchild, presentasi bersemangat Noyce dari visinya adalah alasan Sherman Fairchild telah sepakat untuk menciptakan divisi semikonduktor untuk Delapan pengkhianat.
Noyce dan Gordon E. Moore pada tahun 1968 didirikan Intel ketika mereka meninggalkan Fairchild Semiconductor.Arthur Rock, ketua dewan Intel dan investor utama di perusahaan mengatakan bahwa untuk Intel untuk berhasil, Intel dibutuhkan Noyce, Moore dan Grove. Dan itu membutuhkan mereka dalam urutan itu. Noyce: visioner, lahir untuk menginspirasi; Moore: para virtuoso teknologi; dan Grove: teknolog berubah ilmuwan manajemen [22] Budaya bekerja santai yang Noyce dibawa ke Intel adalah carry over dari gaya di Fairchild Semiconductor.. Ia memperlakukan karyawannya sebagai keluarga, kerja tim bermanfaat dan mendorong. Anda tindak-kebahagiaan-Nya gaya manajemen mengatur nada untuk kisah sukses Lembah banyak. Gaya manajemen Noyce bisa disebut "menyingsingkan lengan baju Anda." Dia menghindari mobil mewah perusahaan, ruang parkir yang disediakan, pesawat jet pribadi, kantor, dan perabotan yang mendukung lingkungan yang kurang terstruktur, kerja yang santai di mana setiap orang menyumbang dan tidak ada yang diuntungkan dari perquisites mewah. Dengan penurunan keistimewaan eksekutif biasa, ia berdiri sebagai model untuk generasi masa depan Intel CEO. Di Intel, ia mengawasi penemuan Ted Hoff dari mikroprosesor-revolusi yang kedua
Bangunan markas Intel, Robert Noyce Bangunan, di Santa Clara, California dinamai untuk menghormatinya, seperti Robert N. Noyce '49 Science Center, yang merupakan tempat pembagian ilmu Grinnell College.
Dalam wawancara terakhir, Noyce ditanya apa yang akan dia lakukan jika dia "Kaisar" dari Amerika Serikat. Dia mengatakan bahwa dia akan, antara lain, "pastikan kami sedang mempersiapkan generasi berikutnya untuk berkembang dalam usia teknologi tinggi Dan itu berarti pendidikan terendah dan miskin, serta di tingkat sekolah pascasarjana.."
Keluarga
Ia menikah dengan Elizabeth Bottomley pada tahun 1953 dan bercerai pada 1974. Mereka memiliki empat anak bersama-sama. Pada November 27, 1974 Noyce menikah Ann Schmeltz Bowers. Bowers adalah Direktur Personalia pertama untuk Intel Corporation dan Wakil Presiden pertama dari Sumber Daya Manusia untuk Apple Inc Dia sekarang menjabat sebagai Ketua Dewan dan wali amanat pendiri Yayasan Noyce. Aktif sepanjang hidupnya, Hemingway Noyce menikmati membaca, menerbangkan pesawat sendiri, gantole, dan scuba diving.
Dia percaya bahwa mikroelektronika akan terus maju dalam kompleksitas dan kecanggihan jauh melampaui kondisi saat ini, mengarah ke pertanyaan tentang apa yang masyarakat gunakan akan membuat teknologi.
Noyce meninggal karena serangan jantung di rumah pada tanggal 3 Juni 1990 di Seton Medical Center di Austin, Texas. [27]
Pada saat kematiannya, ia adalah presiden dan CEO Sematech Inc, sebuah konsorsium nirlaba yang melakukan penelitian dasar ke manufaktur semikonduktor. Ini diselenggarakan sebagai suatu kemitraan antara pemerintah Amerika Serikat dan 14 perusahaan dalam upaya untuk membantu industri komputer Amerika mengejar ketinggalan dengan Jepang dalam bidang teknologi manufaktur semikonduktor.
Penghargaan dan kehormatan
Pada bulan Juli, 1959, ia mengajukan US Patent 2981877 "Semiconductor Device dan Struktur Lead", jenis sirkuit terpadu. Upaya mandiri tercatat hanya beberapa bulan setelah temuan kunci dari penemu Jack Kilby. Untuk rekan-nya penemuan sirkuit terpadu dan dampaknya mengubah dunia, tiga presiden Amerika Serikat menghormatinya.
Noyce adalah seorang pemegang gelar kehormatan dan penghargaan. Presiden Ronald Reagan diberikan kepadanya National Medal of Technology pada tahun 1987. Dua tahun kemudian, George H.W. Bush dilantik dia ke Hall of Fame Bisnis. Presiden George HW Bush disajikan penghargaan, yang disponsori oleh National Academy of Engineering, dalam upacara dasi hitam diselenggarakan di Departemen Luar Negeri. Pada tahun 1990 juga Noyce-bersama dengan Jack Kilby, penemu transistor John Bardeen, dan beberapa selebriti lainnya, menerima "Lifetime Achievement Medal" selama perayaan dua abad UU Paten.
Noyce menerima Franklin Institute Stuart Medali Ballantine pada tahun 1966. [28] Dia dianugerahi Medali IEEE Kehormatan pada tahun 1978 "untuk sumbangan kepada silikon sirkuit terpadu, landasan elektronik modern."Pada tahun 1979, ia dianugerahi National Medal of Science. Noyce dipilih adalah mahasiswa Fellow dari American Academy of Arts dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1980. The National Academy of Engineering 1989 yang diberikan kepadanya Charles Stark Draper Prize.
Mr Noyce dilantik ke dalam Prestasi SMP US Bisnis Hall of Fame pada tahun 1989. Bangunan ilmu di almamaternya, Grinnell College, dinamai menurut namanya ..
Legacy
Yayasan Noyce didirikan pada tahun 1991 oleh keluarganya. Yayasan ini didedikasikan untuk meningkatkan pendidikan publik dalam matematika dan ilmu pengetahuan di kelas K-12.

0 komentar:

Posting Komentar